Tantangan Pengembangkan Energi Alternatif

Date: 12/05/2011

Sahabat, tentunya kita sudah sering mendengar upaya untuk mendayagunakan energi surya dan bayu. Hari ini, di Jakarta berlangsung seminar dan pameran tentang industri inti dan penunjang untuk komponen listrik berbasis ENERGI SURYA & ANGIN. Penggunaan energi terbarukan itu merupakan langkah konkret pemerintah agar lebih banyak rumah tangga yang terjangkau oleh listrik Sehingga rasio elektrifikasi yang saat ini 67% pada tahun 2014, insyaAllah dapat menjadi 80%. Dengan energi surya dan bayu, secara teknis pengadaan listrik hingga pelosok nusantara, di gunung-gunung dan lembah jadi lebih memungkinkan. Bila kita wawancara para pengusaha industri komponen lampu hemat energi, panel surya, dan lain-lain yang sedang berpameran, ternyata kegiatan fabrikasinya di Indonesia masih sangat terbatas pada assembling, karena masih banyak komponen yang diimpor dari Cina, Jerman, dan lain sebagainya, dan belum ekonomis untuk dibuat di dalam negeri. Inilah tantangan kita bersama:

a) percepat penyebaran listrik bagi rumah tangga, antara lain dengan terobosan pengadaan listrik berbasis energi terbarukan (surya, bayu, mikrohidro, dan lain sebagainya)

b) perkuat dan percepat program bangkitnya industri penunjang energi surya dan bayu, termasuk dengan kepeloporan BUMN dan swasta besar nasional.

Dengan langkah tersebut, upaya kita meningkatkan keadilan energi bagi rakyat banyak, akan mampu semakin memperbesar dan mempercepat hadirnya energi terbarukan yang ramah lingkungan, tanpa harus bergantung kepada komponen impor. Salam Indonesia.

Refleksi Pembaca Inspirasi:

  • Mengubah Kendala Menjadi Peluang Menuju Diversifikasi Energi Alternatif
  • Oleh Wildan S Nahar: http://mudaisme.wordpress.com/2014/01/25/mengubah-kendala-menjadi-peluang-menuju-diversifikasi-energi-alternatif/

  • Mengayun Langkah Menuju Indonesia yang Mandiri dan Berdaulat dalam Bidang Energi
  • Oleh Hananta Syaifulloh: http://hanantas.blogspot.com/2014/01/mengayun-langkah-menuju-indonesia-yang.html

    Comments are closed.