Upaya Mengatasi Kebakaran Tangki Cilacap

Date: 05/04/2011

Sahabat, dari pemantauan Tim ESDM serta rapat kami di crisis center di Pertamina, berikut adalah upadate terbaru tentang kebakaran di Kompleks Kilang Cialacap:
1. Dari 3 tangki yang terbakar, tangki pertama sudah padam, dan tangki ke dua sudah padam 90% pada pukul 14.30; dan tangki ke tiga sudah padam 60%.

2. Tangki yang terbakar adalah tangki komponen, bukan tangki produk. Di kompleks Cilacap ada 207 tangki, berbagai jenis tangki yang ada. Jadi, dampak terbakarnya tangki tersebut tidak berpengaruh kepada proses produksi kilang Cilacap, atau relatif terbatas, hanya 3%, walaupun tidak kita harapkan.

3. Mitigasi pasokan BBM menyimpulkan bahwa pasokan BBM aman, karena perhari ini secara nasional ketahanan stok adalah 22 hari.

4.Dengan terbakarnya 3 tangki komponen itu, diperkiarakan dalam 5 hari tangki-tangki itu dapat kembali normal, sehingga untuk sementara waktu kalau pun ada kekurangan (sekitar 0,7 hari stok), dapat diantisipasi dengan sedikit menambah impor, dan segera kembali ke normal.

5. Upaya pemadaman terus berlangsung, dari pengamalan kebakaran di Plumpang diestimasi padam dalam 46 jam sejak kejadian awal jam 4 subuh Sabtu kemarin.

6. Bantuan terus diupayakan, kini ada 40 ton foam sudah dikirim, dan sedang disiapkan 80 foam lagi. Foam yang diperlukan sekitar 75 ton. Bantuan dari Balongan, Jatibarang Pemda DKI, Chevron, BP, Exxon dan AU, kepolisian terus berdatangan.

7. Pemadaman dengan helikopter setelah disimulasikan ternyata sulit dilakukan karena jilatan api sampai dengan 150 meter. Di dunia belum ada proses pemadaman tangki dengan helikopter. Demikian, semoga dimaklumi. Salam Indonesia. MESDM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>