Laporan dari Cilacap

Date: 04/04/2011

Sahabat, update terbaru, pukul.02.50 Senin dini hari, dari terbakarnya tangki di Cilacap:
1. Dua tangki dari 3 tangki yang terbakar telah padam sejak pukul 19 malam.

2. Tangki ke tiga, masih terus diupayakan pemadamannya. Saat ini, 11 fire truck masih terus berkerja. Dari peralatan sistem pemadaman yang ada ternyata kurang memadai, karena membutuhkan kapasitas 600 m3. Untuk itu proses fabrikasi di workshop Cilacap masih berlangsung. Ditargetkan pukul 10 pagi selesai, guna menuntaskan pemadaman tangki.

3. 4 tangki di sekitarnya, khususnya tangki 104 terus diisolasi dari pengaruh kebakaran tangki ke 3, dengan cara menyemprotkan air dan foam, serta menjaga temperatur tangki-tangki itu agar tetap rendah. Saat ini sekitar 39 derajat celcius. Targetnya harus di bawah 80 derajat celcius.

4. Kompleks kilang cilacap terdiri dari 3 kelompok kilang. Yang pertama dibangun 1976, kedua 1983, dan yang ketiga setelah itu. Tangki yang terbakar adalah tangki dalam area 31, bagian dari kelompok yang tertua dibangun 1976. Tangki-tangki yang terbakar tergolong tangki komponen, bukan tangki produk. Di kompleks Cilacap ada 207 tangki dari berbagai jenis tangki yang ada. Jadi, dampak terbakarnya tangki tersebut tidak berpengaruh kepada proses produksi kilang Cilacap atau relatif terbatas, hanya 3%, walaupun tidak kita harapkan.

5. Mitigasi pasokan BBM menyimpulkan bahwa pasokan BBM aman, karena perhari ini secara nasional ketahanan stok adalah 22 hari.

6. Dengan terbakarnya 3 tangki komponen itu, diperkirakan peran ke 3 tangki itu dalam 5 hari tangki-tangki itu dapat kembali normal digantikan tangki-tangki lain yang fungsinya di switch, sehingga untuk sementara waktu kalau pun ada kekurangan (sekitar 0,7 hari stok) dan hingga segera kembali ke normal.

7. Upaya pemadaman terus berlangsung, dari pengamalan kebakaran di Plumpang diestimasi dapat diupayakan padam lebih cepat setelah fabrikasi peralatan tambahan selesai pukul 10 pagi.

8. Bantuan terus diupayakan, kini ada 50 ton foam sudah dikirim, dan sedang disiapkan 80 foam lagi. Foam yang diperlukan sekitar 75 ton.

9. Tangki-tangki itu diasuransikan. Estimasi kerugian dan penyebab kebakaran akan dituntaskan bila pemadaman telah selesai.

Semoga upaya kita bersama dapat sesuai harapan dan situasi segera menormal. terima kasih. Salam Indonesia. MESDM dari lokasi Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>