Buku Mozaik Permasalahan Infrastruktur Indonesia (2)

Apa kabar? Ada cerita nyata, seorang Ibu melarikan mobil sekencang-kencangnya, putranya kritis, digigit Puff Adder, ular sangat bracun yang mematikan. Sang anak tidak tertolong, meninggal di jalan. Kisah pilu itu direkam dalam film I Dreamed of Africa. Sahabat, setiap kita tentu pernah bergegas mengantar orang yang dicintai ke rumah sakit, kadang ia tidak tertolong. Kasihan mereka yang lemah dan tidak berdaya, karena tidak mungkin bersabar. Penderita stroke, serangan jantung, akan melahirkan atau korban kecelakaan, butuh pembelaan kita dan pihak yang berwenang untuk berbuat. Meski ambulannya meraung-raung, macet di depannya tuli dan ndablek! Kalau berpeluang, apalagi berkuasa, mari berbuat. Macet di kota-kota besar adalah cerminan ketidakterbenahan sistem transportasi massal. Macet waktu mudik lebaran juga cerminan ketidakberesan infrastruktur transportasi antar-kota. Banyak rakyat kita tinggal di pelosok, tidak tersentuh dan tidak juga terbawa proses pembangunan. Masih banyak permasalahn infrastruktur menghadang kita.

Kalau kebetulan ke Gramedia Oktober nanti, mohon berkenan membeli buku MOZAIK PERMASALAHAN INFRASTRUKTUR INDONESIA, hasil penelitian kami 1 tahun terakhir. Di situ, juga ada inspirasi dari pemenang Nobel ekonomi (1986), James Buchanan, bahwa negara berperan sebagai protective state: melindungi, mendisiplinkan, memberi sanksi; tapi negara juga berperan sebagai productive state: mempelopori, mencontohkan dan berbuat. Pembangunan infrastruktur sejak krisis memang sangat kurang, hingga kini rata-ratanya cuma 4,3% terhadap PDB. Zaman ORBA sempat mencapai 9,5%. Pemerintahan SBY sudah berusaha sejak tahun awal pemerintahannya (2005), tapi Bappenas sekarang berbeda, karena terkendala UU Keuangan Negara, akibatnya banyak proyek infrastruktur strategis tertunda. Negara harus berdaya, tapi negara seolah kurang duit, sekalipun jelas-jelas sedemikian banyak subsidi BBM salah sasaran. Salam Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>