Kesan Sahabat

1. Betul sekali apa yg antum sampaikan dalam sms ini. Terima kasih. Salam utk keluarga.

2. Ha ha ha,Saya Terpukau Baca SMS Bapak.Benar Juga Ya Pak.Inspirasidan Pemikiran Mulia Dari Pendahulu Kita,Bisa Menjadi Roh Sangat Positif Yang Menyertai Langkah Perjuangan Penerusnya.Mudah mudahan Buah Pikiran dan Jejak Tapak Yg Sudah Bapak Lakukan Selama Ini di Kementrian ESDM dilanjutkan oleh Pemimpin Yg Baru di ESDM.Seru ya Pak,perjalanan Bangsa Kita ini.Selamat Terus Berkarya Pak.Tetap Semangat BapakKu Darwin Zahedy Saleh.Salam Indonesia Muda.

3. Subhanallah. Tks info yg sangat bermanfaat sbg cermin dlm menjalani hidup ini. Luar biasa info juga datang dari orang spt Bpk sbg orang penting, masih juga mau mengingatkan soal kehidupan ini. YA Allah, berkahilah orang spt ini dalam segala kehidupannya. Amien.

4. Ass adinda Darwin Zahedy Shaleh dua kali sms sdh abang trima dngan baik mhon maaf abang baru smpat bls krna hbis kliling jatim mninjau proyek PLN Phaiton Dan Grati trnyata putra putri indonesia mampu membangun proyek2 besar trutama pmbangkit PLTU dan gas lebih krang brskala intrnasional.syangnya pemerintah kita tdk mampu mnyediakan gas yg cukup untuk memnuhi kbutuhan dalam negri kita akbatnya rakyat kita lbh bnyak mnggunakan bbm daripada gas akbatnya pln prlu dsubsidi trus mnerus dan mnghabiskan bbm 15 smpai 20 t prtahun kalo sgera tdk diatasi subsidi bbm makin besar tiap tahunya.salam hangat.

5. Pak Darwin, tidak ada yang membuat hati saya begitu damai selain mendengar catatan Pak Darwin seperti itu. You are a great man I have ever met.

6. Siap Pak Darwin. Sy sangat setuju dg ulasan Pak Darwin. Sy juga merenung bahwa pemimpin yg sebenarnya saat ini dn yad di era otonomi daerah adalah para Bupati dn Walikota, merekalah yg menjalankan kebijakan publik sesuai arah pembangunan yg telah digariskan oleh pemerintah pusat. Menurut sy alangkah baik nya bila para calon pemimpin ini memperoleh pelatihan atau penataran tentang Wawasan Kebangsaan SEBELUM pelaksanaan PILKADA. Agar VISI nya tentang pendidikan dn bidang lainnya bisa mengutamakan kesejahteraan masy/bangsa, tdk mengedepankan kepentingan kelompok atau golongan. Penataran tsb mungkin bisa di laksanakn olh Lembaga Ketahanan Nasional/Lemhannas atau Lemhannas bisa menunjuk dn bekerja sama dg Perguruan Tinggi di Daerah yg bisa juga diikuti oleh calon anggota legislatif. Shg semua calon kepala daerah tkt Kab Kota termasuk calon ang legislatif sdh memiliki sertifikat Wawasan Kebangsaan dn menjadi persyaratan utk ikut Pilkada/Pemilu legislatif dn tentunya masuk dlm UU Pemilu. Siapa tahu ide sederhana ini juga bisa merubah perilaku para Calon Pemimpin, bisa bersaing dg bangsa lain dikawasan dn semakin kuat SDM Indonesia serta semua kekayaan alam kita dapat dikelola oleh anak negeri bukan oleh Asing….

7. Alhamdulillah. Kabar yg amat membuat kita gembira dan penuh syukur. Terima kasih banyak kepada antum yg punya gagasan amat gemilang. Semoga para santri lain dapat kesempatan yg sama pd waktu mendatang, termasuk dalam berbagai posisi atau keahlian lain. Semoga Allah membalas amal antum itu. Salam kpd klrg.

8. Membaca fenomena tsb sy jadi terbuka mata dan makin yakin bahwa dibutuhkan seorang ahli ekonomi utk memimpin Kemesdm. Tks

9. Bravo ya Darwin.. Upaya tlh membuahkan hasil. Salam

10. Boss..ini sgt menyentuh..sy sgt setuju dgn semangat berbagi spt ini..semoga kita termasuk org2 yg mempunyai prilaku seperti itu…Salam…

11. Setujuuuuu…!!!!! Kondisi akhir2 ini mengerikaaaan….kurang sifat negarawan dr para pemimpin bangsa…semua amankan posisi saja…ampuuun

12. Pak Darwin, bagus sekali Bapak mengangkat salah satu potret sosial keadaan masyarakat kita yang sudah tenggelam mendalam menjadi budaya yang sukar dihilangkan untuk menuju perbaikan seperti yang dicapai negara maju. Kita bagaikan berada dalam berbagai kekurangan kalau dibanding mereka. Tapi bukankah Allah Swt menciptakan semua berpasangan, ada yang lebih dan ada yang kurang ada negara maju dan ada yang berkembang. Bagi yang kurang selalu akan mencari kemajuan, dan yang maju memberi kemajuan, selalu akan kembali seimbang. Salam hormat.

13. Alhamdulillah telah diingatkan dengan mutiara yang sangat indah, dan langsung menohon jantung hati saya. Terima kasih sekali lagi pa mentri

14. Terima kasih pa, benar sekali bahwa diposisi saya banyak sekali hal-hal strategis bangsa yang bisa diselesaikan, namun tantangan dan godaannya berat-berat . Semoga saya bisa tetap istiqomah . . Amin

15. Dear Brother,saya setuju,secara spiritual,intelektual maupun emosional sudah sangat benar.Anyway,kami sekeluarga sangat menikmati semua sharing knowledge dan pesan moral Mas Darwin selama ini. Semuanya inspiring dan memperkaya human interest kami.Semoga tercatat sebagai amal mulia dengan derajat yg luhur.Salam Indonesia,

16. Cerita bagus bang. Namun sayang di Indonesia pemimpin tau soal kemiskinan itu hanya dr BPS & di iklankan ketika buat kampanye. Jarang pemimpin yg merasakan kemiskinan dr fakta/merasakan lgsng, spti yg dilakukan khalifah umar bin khattab tempo dulu. Salam

17. InsyaAllah Pak, saya semakin yakin ide yg Bapak cetuskan utk peningkatan SDM Indonesia dan utk kemaslahatan rakyat banyak terlaksana dlm waktu dekat. Salam hormat dari kita di Kuwait.

18. Slmt pagi pak Darwin ysh, trm ksh atas kiriman smsnya. Sms minggu lalu sebanyak 7 batch sdh sy baca dan tetap saya simpan krn itu bisa mnjadi salah satu rujukan kami utk mmperbaiki dan mengejar kinerja sektor ESDM. Mudah2an kami semua di sektor ESDM bisa mengemban amanah yg berat ini dg baik. Amien. Kmd sms pagi ini, setelah sy renungkan maknanya sangat INSPIRING. Realitanya mmng sering terjadi begitu dlm sejarah kehidupan manusia. Sepenggal peradaban suatu bangsa, bisa jadi hrs diselesaikan oleh bbrp generasi bahkan puluhan generasi berikutnya. Sekali lg trm ksh smsnya, selamat beraktifitas pak. Salam.

19. Terima kasih atas inspirasinya Pak Darwin. Smoga menggugah hati smua lapisan, khususnya para politisi. Salam

20. Terimakasih sahabatku. Mungkin inilah implementasi dari istilah “menolong” Tuhan. Semoga menginspirasi banyak orang uNtuK melaksanakan.

21. Pak Darwin, terima kasih banyak Bapak. Saat ini saya baru saja menjenguk FSRU Jabar yg sdh jadi. Bapak tentu ingat perjuangan kita bukan.

22. Pak Darwin yth. Terima kasih atas kiriman selalu doa dan pencerahaanya. Salut atas semangat u/ kebaikan bangsa. Saya terus mengembangkan Economyy+. Salam,

23. ……mendengar itu Kami terharu, prihatin dan turut berempati….. Kami bersemangat mendukung upaya sahabat kami peduli pd sesama – kami bersedia dan turut serta membantu gagasan mulia itu……semoga Tuhan YME meridhoi segala upaya sahabat kami……amin. Salam kami pd semua teman2 seniman. Wass

24. Sbim alm Said Effendi meninggal dunia beliau juga pernah melontarkan ide tsb kpd saya karenanya Insya allah saya pribadi mendukung adanya Museum Musik Indonesia.

25. Yth. Bapak Menteri, kami terharu. Idee Musium Musik, Insya Allah kami dukung. Hormat

26. Kami dukung cita2 mulia Pak Menteri utk mempelopori Museum Musik Ind..! Semoga Sukses Pak DZS..! Wass

27. Saya dukung juga dengan hati dan simpati saya Pak Darwin.

28. Selamat siang pak Menteri, kami akan berada dibarisan pertama dibelakang bapak apabila bpk berniat mengapresiasi dunia seni dan kemanusiaan, kami mendukung dan akan berpartisipasi pak. Salam hormat seorang sahabat..

29. Aamiin YRA….tks pak atas penjelasan-nya. Banyak hal di negara tercinta ini dikelola scr tdk transparan, dan kita hrs tetap maju utk memperbaikinya. Berbuat diam, tdk peduli….samahalnya dg berbuat salah dg cara yg lain. Kita hrs bangkit dan bergerak mencari yg lebih baik, setahap demi setahap, sabar….perubahan yg akan kita alami krn dan hanya oleh kita, tdk mungkin dr pihak/bangsa lain. Sy masuk DPR….insyaAllah dg niat ikut berkontribusi pd perbaikan, bukan atas dasar pertimbangan materi. Rasanya rezeki yg Allah limpahkan (dan titipkan) ke kami sdh cukup…tp tdk cukup buat negeri ini utk kita tinggal diam….sekali lagi tks pak….

30. Ysh Pak Darwin, terimakasih atas kiriman sms pagi ini yang saya lihat menyoroti masalah peningkatan kwalitas TKI melalui jalur non formal khususnya di kegiatan ESDM yang telah Bapak rintis. Dalam berbagai sms Bapak, saya selalu tertarik membacanya karena pemikiran yang filosofis, bahasa dan penguasaan kata sangat lugas dan kontennya spesifik. Hal yang juga membuat saya tertarik karena pada perioda 1991-2000 saya pernah menangani pengembangan SDM sub sektor migas. Salam hormat.

31. Infrastruktur energi, domestikasi kilang, penguassaan teknologi mutakhjir dan peningkatan effisiensi dan effektifitas produksi adalah keniscayaan. Bila hal ini dikerjakan reaksi masyarakat atas kenaikan harga bbm akan berbeda. Evidence based approach perlu diakukan krn masyarakat sekaranhg lebih well informed krn kemajuan ICT. Salam.

32. Salam dari P Fery (Dubes RI u/ Kuwait) n benar bahwa program capacity bulding u/ pondok pesantren sdh berjalan. Pihak BU migas Kuwait siap u/ tl yg lebih luas n sdg persiapan kunker ke Indonesia khususnya Cepu. Capacity building pondok pesantren juga sdh diperluas dg memastikan kegiatan2 tsb termasuk dlm RKAP BU2 tambang sejak tahun 2012. Anyway, program2 transformasi dari ekonomi berbasis sumber daya energi n mineral memang perlu diintensifkan a.l. dg mengoptimalkan dana subsidi harga energi yg kurang optimal (krn tdk tepat sasaran) u/ dimanfaatkan bagi pendanaan program2 ekonomi yg lebih sustainable n lebih bermanfaat bagi masyarakat utamanya infrastruktur.

33. Terima kasih info nya Pak Darwin… Luar biasa, ternyata lulusan pesantren mampu bersaing dg tenaga terampil dr manca negara. Semoga bisa membangkitkan semanga para guru dn santri utk meningkatkan kwalitas lulusan Pesantren.

34. Ass. Apakabar Pak Menteri, terimakasih atas sms yg memberi pencerahan dan refleksi terhadap perjalanan bangsa. Sungguh kita prihatin terhadap situasi berdemokrasi belakangan ini. Seyogyanya kita meningkatkan komunikasi dan konsolidasi diantara kita secara lebih definitif. Semoga Allah akan melimpahkan keberkahan pada negeri Indonesia tercinta karena kesungguhan kita dalam bahu membahu, tolong menolong, dan kerjsama, berjamaah dalam kebajikan tertinggi buat negeri ini…. Amiin

35. tks lur, p darwin zs, dicopy, nnti sgr kami miliki buku tsb, apresiasi se x atas ketekunan + kesungguhan nya u berbagi informasi kpd rekan2 + publik, salam

36. Bpk Darwin yth, tks atas sms yang dikirm. Apa yang disampaikan benar sekali, persis sama dg yang disampaikan orang tua kita .. Sampai akhir hayat kita semua masalah yang kita ketahui dan hadapi tdk mungkin akan terselesaikan. Semoga Bapak dan Ibu serta keluarga berada dalam keadaan sehat walafiat. Wass

37. Ass pak Menteri. Cuplikan2 pesan moral yg sangat memotivasi yg Bpk sampaikan tsb, hanya mereka yg mengakui kehebatan ALLAH SWT yg mampu memaknai kenyataan kehidupan di dunia ini. Dan yg menyatakan tsb adalah orang2 yg beragama dg baik. Kenyataannya memang itu semua benar n mereka mempunyai wawasan jauh kedepan dg di-inspirasi kehebatan Allah SWT. Tks n sangat sy hargai n moto2 tsb dpt memotivasi. Wass ww.

38. Apa kabar Pak Darwin? Senang rasanya melihat dunia dengan pikiran terbuka. Kita perlu tularkan itu. Tidak hanya kepercayaan yang baik, masa depan yang cerah pun bisa kita wujudkan melalui pikiran. Pikiran membuat dunia berputar. Salam Indonesia.

39. Terima kasih infonya Pak Darwin. Saya melihat semangat Bapak yug tetap tinggi utk oembangunan bangsa ini. Semoga lebih baik. Terima kasih. Wass,

40. Alhamdulillah,saya sungguh menikmati dan tergugah dengan sharing berkala dr Pak Menteri.Semoga tercatat sebagai amal mulia Pak Menteri dan keluarga dengan derajat yang luhur.Amien,Salam Indonesia selalu,

41. Iya!mungkin kita semua akan semakin termangu…Technology is really state of the art…bayangkan,semua infrmasi can be reached just in seconds! Itz really an innovation dat makes people easy to get connected whereevr they are…dan Islam telah mempeloporinya.mis.Isra miraj sj, blm ada teknologi yg bs melampauinya…teknologi dan kebersamaan..kedekatan dan kehangatan tersampaikan dgn teknologi… itz luvly to see a harmony in one’s family specially on weekend yah..really gives inspiration! Tksh utk slalu memberikan inspirasi:)

42. Terima kasih Bang Darwin , for such a friendly reminder…to us.

43. Senang dan bangga bpk sangat peduli dg SDM. Mudah2an lbh banyak lagi pemimpin bangsa yg peduli dg SDM, shg bangsa ind cepat lbh maju. Amin..

44. Pak Darwin yang saya hormati, rupanya Bapak seorang pecinta cerita pewayangan juga. Sama seperti saya, puluhan tahun yang lalu. Melihat uraian Bapak, saya yakin bahwa Bapak telah melahap kisah-kisah Mahabharata, Ramayana dan Wayang Purwa lengkap dengan seluruh episodenya. Cerita Karna Tanding, seingat saya adalah satu kisah pada waktu Bharatayuda di Kurusetra. Pada waktu itu Karna, pemegang senjata Konta, yang diangkat menjadi Adipati Awangga, sebagai hadiah dari Suyudana, dengan kusir Prabu Salya berhadapan dengan saudaranya Arjuna dengan kusir Shri Kresna yang titisan Batara Wisnu. Disini saya melihat peranan Whisnu, sebagai dalang…..

45. Trmksh bang atas informasinya, bagi keluarga saya, sejak kecil menanamkan kebenaran absolute yg bersumber wahyu d kitab suci al-Qur’an, selain itu tdk ada.

46. maaf pak Darwin, karena hp saya eror dari pagi, sms bapak baru masuk malam ini. apa yang pak Darwin sampaikan sangat menarik sebetulnya. fenomena merosotnya investasi di bisnis migas pernah bapak sampaikan dulu waktu saya wawancara bapak ketika bapak masih jadi menteri ESDM. kapan2, boleh dong pak ngobrol2 kalau bapak ada waktu luang? sekarang sibuk apa? kembali mengajar di kampus atau bagaimana? salam.

47. Yth. Pak darwin, terima kasih atas berbagai hal yg bapak sampaikan, apa yg disampaikan bpk sgt benar ada nya, bpk sering mengingatkan arti Pasal 33 UUD 45 barangkali itu juga yg mendasari semangat penguasaan sepenuh nya negara atas SDA yg dimiliki, meskipun disisi lain disadari kendala peraturan menghambat negara melalui national oil company berinvestasi, mungkin solusi nya perlu keberanian utk aturan dg sgt mendasar. Hormat kami.

48. Pak Darwin yang saya hormati, terimakasih atas kiriman SMS Bapak yang saya nilai sarat dengan berbagai informasi penting mengenai salah satu sudut fenomena yang ada di kegiatan perminyakan, baik secara global, regional dan nasional. Tidak mudah untuk dapat melihat aspek-aspek pada suatu permasalahan yang ada di kegiatan perminyakan dan menguntainya melalui bahasa yang lugas dan mudah dipahami, sehingga menjadi telaahan singkat namun sangat berbobot. Bahan itu memang tepat keluar dari Bapak sebagai mantan MESDM. Ada baiknya bahan tersebut dapat dikeluarkan juga dalam bentuk artikel di surat kabar sehingga lebih banyak orang terbuka fikirannya mengenai suatu fenomena apapun yang menarik. Salam hormat saya.

49. Noted. Thx so much. Catatan singkat ini sangat menggugah.

50. Terima kasih Pak, menarik mencermati Rusia, ketika mrk saat ini membutuhkan lbh banyak gas u/ keperluan dlm negeri akibat musim dingin yg ekstrim, mrk firmed memutus kontrak penjualan ke negara2 eropa. Term and condition tertuang jelas dlm klausul kontrak dan menteri energi rusia menyatakan bhw kontrak berlaku sepanjang kondisi2 pd saat berkontrak msh terpenuhi. Akibat terjadinya perubahan kondisi, maka kontrak subjek u/ dinegosiasikan kembali. Dan dikatakan rusia membangun industri migas u/ kepentingan nasional. Lalu, apa yg menyebabkan kita takut dg re-negosiasi?? Dan kenapa org Ind yg ada di oil comp lbh bule dr investor??, wass

51. Pak Darwin, ucapan sangat menyentuh. Biar kita sadar, biar kita bangun. Dgn spirit itu, kami (sedang) ke Madrid dan Barcelona, membawa Misi Budaya Bangsa. Salam

52. Saya setuju sekali. Bahkan saya menyarankan ke MESDM agar konferensi dilakukan di Papua/Papua Barat, sangat jarang dikunjungi dibandingkan kota2 di Kalimantan apalagi Bali. Wass

53. Pak di babel juga bnyk bekas galian timah yg meninggalkan lubang menganga, ide mengubahnya menjadi danau sungguh brilliant.

54. Saya dukung sepenuhnya. Sekarang saya di Palembang bantu DPR selenggarakan PUIC. Ternyata Palembang sanggup menjadi host yg baik. Tks.

55. Siaap, semoga cita2 tsb bisa terwujud Pak. Salam hormat utk pengusaha yg dimaksud.

56. Masa kecil, ortu sy tdk pernah punya pembantu dan kami sekarang sejak th 96 setelah anak2 masuk sekolah kami tdk lagi ada pembantu dirumah kami

57. Salam Pak. Salut, banyak pengetahuan yg kami dapatkan bersama Bapak. Ada bbrp program Bapak yg sdg dan masih kami kerjakan bersama jajaran pimpinan di Badiklat. InsyaALLAH Program mulia ini dapat diterus kembangkan dan menjadi footprint Transformasi Sumber Daya Alam menjadi Sumber Daya Manusia, khususnya tenaga kerja terlatih yg berasal dari sektor informal dan terlebih khusus kalangan pesantren. Amiiin. Wass.

58. Salam Indonesia, pemikiran bapak harus kita support demi kesehatan kehidupan di negeri ini dengan akal sehat dan nurani yang jernih. Salam Indonesia.

59. Terima kasih Pak telah membagi cerita yg sngt inspiring ini, smg kita mendptkan limpahan hidayahNya, dijauhkan dr rasa sombong dan dilimpahkan rizki yg halal dan bermanfaat. Salam kami u/ Ibu, was

60. Alhamdulillah. Tks atas pencerahan bpk pd kami dn sy apriciate bpk msih terus mmikirkan rakyat dn bangsa ini dr sdt bidang yg bpk kuasai krn setdknya bpk pernah bertugas. Smalan sy bicara dlm acr Campur Rakyat di TVRI, Yg mengemuka a.l knpa skrg banyak rakyat yg hidupnya lbh sulit dr jaman Orba? Prtnyaannya sederhana, namun jawabnya sulit. Scr ukuran makro ekon saat ini jauh lebih baik, tp scr mikro lebih jelek, ktimpangn terjd di-mana2, efek lanjutannya komplik sos smkin gampang terjd dn brutal, spt org2 frustasi, solusinya: model pmbngunan ekon dibenahi (a.l spt uraian bpk).….

61. Terima kasih Bapak atas tausiyahnya.. Saya jadi teringat entertainer sejati asal betawi Benyamin S (penyanyi, pencipta lagu, pelawak, aktor film, dsb). Dia adalah lokomotif yg berhasil membawa musik gambang kromong menjadi musik yg dikenal banyak orang dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Bapak benar, masyarakat Indonesia masih abai dlm hal memberikan penghargaan terhadap orang2 tua yg ikut membangun pradaban melalui karya seni, termasuk masyarakat betawinya sendiri dlm konteks penghargaan kpd Benyamin S sebagai putra betawi. Selamat tahun baru 2013.

62. Alhamdulillah info yg bagus dan menarik,semoga yg mau memprakarsainya , misal Abu Rizal Bakrie , Boy Tohir , klg Sampurna atau SBY sendiri yg tergugah utk merealisirnya

63. Sepakat. Bgmana kita lakukan sesuatu bagi beliau beliau itu.

64. Yth Kiyai, sungguh bijaksana. Dimana cipta rasa adiluhung seni nan abadi telah banyak dihasilkan dalam berbagai aliran seni, musik dll, malahan saat ini di Indonesia industri kreatif diakomodir oleh Pemerintah. Di Jakarta bisa dimulai dg DSF/Darwin Saleh Foundation atau DSC/Darwin Saleh Center.:)

65. Selamat tahun Baru sahabat Darwin dan selamat berlibur. Ide yg bagus untuk memberi penghargaan pada seniman. Disini yg menonjol hanya Habibie Center tapi belum berkiprah kearah itu.

66. Terima kasih bpk, atas pencerahanny. Mudah2an bangsa indonesia masih tetap menjadi bangsa timur yg menjunjung tinggi etika dan menghormati senior atau orang yg lbh tua yg telah berjasa di bidang apapun bagi agama, nusa dan bangsa. Amin. Salam hormat

67. Keprihatinan kita semua bgmn bangsa ini merawat kekayaan nya

68. Ok Pak Darwin.Thanks Banget Infonya.Happy Holiday(y)

69. Tks.atas informasi dan wawasan yg disampaikan dan nyaris terlupakan itu.Memang hrs ada yg menyentilkan.Semoga di th 2013 ini berkembang semangat itu.Selamat Th. Baru 2013 Kami sekelg. dikampung/Payakumbuh sejak 16/12 yl.

70. Tks infonya pak, kami akan beli buku itu. Salam hormat.

71. Alhamdulillah baik, mas..ok, insyaallah sy bisa ke gramedia dlm waktu dekat..may God bless you always..

72. Sepertinya menarik utk dibaca buku itu…terima kasih infonya bang

73. Ulasan yg sangat menarik dan inspiratif skali. Semoga Yudhoyono Center segera hadir.

74. Terima kasih Pak Darwin, sangat menarik ulasan Bapak, saya akan coba membaca bukunya, wassalam,

75. Setuju pak semoga di th baru yad. Terwujud

76. Tks renungannya,salam indonesia.

77. Matur sembah nuwun Bapak, ulasan yg komprehensif dan indah, salam hormat, wass.

78. Terima kasih atas ulasannya Pak Darwin.. Apa berkenan sms Pak Darwin sy teruskan kepada sejumlah teman2 dan atasan saya.

79. Bisa lobby ke Pak SBY pasca 2014 utk award seniman sepuh tuh. salam.

80. Di Dapil IV Jatim (Jember-Lumajang) sy punya program: pendidikan kejuruan masuk pesantren, mulai yg serius (artinya buka SMK) walaupun sekedar pelajaran tambahan (keterampilan santri). Sy scr hati2 bilang pd kiai2 di Jember: pendidikan agama mutlak perlu, tp tdk cukup utk saat ini. Alumni santri tdk akan “survive” hidup hanya dg bisa mengaji dan pengetahuan agama. Di thn2 awal sy mendpt sedikit hambatan pak, tp alhamdulillah thn 2011-skrg sdh mulai dimengerti. Sbg indikator: Pompes Sbr Wringin (kiai Khotib umar….salah 1 kiai yg oleh Gus Dur disebut 5 kiai khos)…thn ini sdh mendirikan sekolah. Semula 100% ngaji. Lambat laun sy akan memasukan muatan “keterampilan: beternak, bengkel, komputer dll)…tks pak

81. Menkominfo semestinya menciptakan regulasi agar supaya mass media sebagai alat penyebar informasi yg benar n berimbang. Kenyataannya sekarang ini, media massa terus digunakan oleh perorangan or golongan u/ kepentingan mereka n malahan u/ gebukin pemerintah. Sebagai akibatnya kebijaka n program2 pemerintah tdk dpt disebarluaskan kpd siapa2 yg berhak u/ tindak lanjut lagi. Media massa malahan telah digunakan sebagai sarana provokasi hal2 yg kadang2 pijakannya tidak pas. Sebagai akibatnya pemerintah kelihatannya menjadi tidak berdaya. Hal ini harus diperbaiki dimasa mendatang n agar menkominfo dipegang oleh orang yg lebih tepat. Tks

82. Terimakasih atas masukan yg sangat berharga tsb pak. Kami akan kembangkan dr masukan bpk tsb. BPH Migas yg baru, sy yakin lbh bagus, lebih kompak, akan bekerja scr Tim. Variasi bacgroud pendidikan dan pengalamannya bagus. Satu jenderal TNI (mantan BIA), satu lagi Jenderal Polisi. Tks pak

83. He..he nice story. Biar Pemimpin dan ummat tergelitik qolbunya ya

84. Tks pak….saya sdg di Kanada, ketemu dg bbrp pihak di Parlemen dan Senat Kanada. Kalau kita ingat dg berbagai keberhasilan Pasukan Perdamian kita dlm misi PBB…jk dikerjakan serius dan tanaga terlatih dg baik, terencana dg baik, dan dgn imbalan yg layak…mrk menjd yg terbaik juga. Jd jk kita tarik kesimpulan sementara: jk pemerintah punya kemauan, dan direncanakan dg baik (termasuk peralatannya), di imbali dg wajar…mk kita akan behasil…Jd yg gak ada itu kemauan baik pemerintah….(Toronto – NY)

85. Asswrwb Bapak, mohon izin melaporkan. Alhamdulillah tadi malam berlangsung diskusi yg cukup hangat di Cikeas. Menyinggung soal energi, beliau mengapresiasi fondasi yg telah diletakkan oleh Bpk bagi upaya pembatasan BBM Bersubsidi. Tks

86. Yth Kiyai, terima kasih telah berbagi kisah Pak Harto the Untold Stories, yg maknanya sungguh dalam, Insya Allah ada manfaatnya. Up dating PD, kemarin 33 Ketua DPD dikumpulkan utk dpt. Pengarahan Majelis Tinggi di Cikeas. seluruh anggota FPD dianjurkan setiap akhir pekan utk kembali ke Konstituen, saat ini kami sdg di Dapil utk ketemu konstituen. Tetap semangat! Salam hormat!:)

86. Siaaaap luar biasa terimakasih

87. Alhamdulillah..nanti abang akan cari buku pak harto the untold..abang doakan adinda selalu sehat wa alfiat bersama keluarga sambil menikmati minggu penuh dgn keceriaan setelah menderita krna banjir..insyaallah sore ini abang pulang kejakarta habis sosialisasi calon parlemen untuk kesekian kali nya dan sosialisasi ARB untuk presiden 2014 mendatang..salam hangat

88. Analoginya indah sekali, Pak. Selamat berakhir pekan utk Bpk dan keluarga.

89. Ilmu yg sangat bermanfaat. Tks infonya, mhn izin sy share ke sahabat / klg yg lain. Slm

90. Terima kasih pak darwin atas penggalan cerita yg sgt menarik, benar apa yg disampaikan bapak, kami merasa semakin menipis rasa kebersamaan. Salam hormat, smg pak darwin dan keluarga selalu dalam lindungan Allah Swt. Amin.

91. Thanks for keeping me in your circle, Excellency. By the Grace of Illahi Rabbi, we are all doing well. We pray that you and your loved ones continue to receive divine blessings.

92. Terima kasih atas cerita yang menarik dan mengandung cerminan atas sikap atasan yang peduli. Salam …

93. Alhamdulillah. Sy sdh katam baca the untold stories pak harto. Smoga pak Darwin slalu dlm lindungan Allah swt

94. Terima kasih Pak Darwin, sangat menarik ulasan Bapak, saya akan coba membaca bukunya, wassalam.

95. Terimakasih Bapak atas informasinya dan salam hormat, kami akan ke gramedia untuk membelinya, wass

96. Tuhan berkati RI &PD kl msh ada yg berkenan dihadiratNya

97. Pak Darwin, saya membaca renungan itu dengan perasaan terdalan mengenai keagungan-Nya. Hanya mereka yang terpilih yang membaca suara-Nya. Salam Keilahian.

98. ES Edy Sudrajad siapa TS pak

99. Insyaallah, ‘kan sdh banyak pembisiknyaa

100. Setuju 100% Pak Darwin

101. Mantapd…Kunci dasar bagi PD saat ini adalah bs kompak atau tdk. Jika nggak bs kompak, alamat masuk jurang sama2…Salam persahabatan.

102. Terima kasih komandan smsnya wass

103. Amin . Mantap Semangat Paginya Pak Darwin. Kpn kita ngobrol2 sambil ngopi Pak ? Tks

104. Amin,semoga PD kembali jaya.!

105. T.K. dikirm SMS. Saya sangat setuju dengan isi SMS bahwa Partai Demokrat besar karena tiga faktor positif bekerja bersama: Ridho Allah, Pemikiran SBY dan Kerja banyak orang secara tulus ikhlas. Sekarang ini rasanya banyak kader tidak tulus ikhlas lagi. Mudah-an saya salah. Mohon maaf, pak TS dan pak ES itu siapa ya. Saya coba ingat-2 kok gagal. Beliau-2 perlu disapa kembali kalau sekarang cenderung dilupakan orang. Salam.

106. Bung, bangsa ini membutuhkan REVOLUSI BUDAYA (satu dari 5 langkah revolusi) yg telah dicanangkan oleh bapak bangsa (BK). Tanpa itu jangan pernah loncat langsung ke rev. Ekonomi dan rev. Sosial. Rev. Budaya melingkupi : luruskan dan jalankan sejarah, bahasa, adat, etika, ahlak & jatidiri bangsa.

107. Maaf Pak Darwin, Sy tdk sempat menonton tayangan tsb, siapa nama artis yg dimaksud td itu ?

108. Siiiiap Pak,, kita harus optismis. Insya Allah semua kekurangan dapat diatasi.. Aamiin..

109. Kita prihatin, Excellency, baik pada preman & penembak maupun yang terlalu pesimistis.

110. Tks infonya….sayang sy tdk melihat acara tsb, krn sdg ada ketemuan org. Kita sepstutnys nonton acars pa Ary Ginanjar di TVRI: Indonesia Emas….kalau ga salah setiap malam sabtu. Khusus nya si cewek itu….yg kayaknya “koper”. Wass

111. Amin, sangat setuju. Menumbuhkan rasa optimistis segenap unsur bangsa menjadi barang langka yang harus menjadi perhatian utama kita bersama.

112. Pak Darwin-ysh, terimakasih atas kiriman sms yang prihatin dan mengajak kita semua termasuk saya untuk tidak pesimistik terhadap dinamika penegakan hukum di negara yang sedang bertransformasi ini . Rasanya wajar saja kalau ada sebagian masyarakat berpendapat seperti aktris itu. Hal ini disamping karena masyarakat kita yang sudah lebih kritis, juga akibat tayangan yang ada di panggung berita pada masa-masa ini sudah terlalu banyak menimbulkan kemuakan masyarakat. Demikian pula disini peran metro tv yang mungkin terlupa dengan misinya sehingga membentuk opini yang mengarah ke arah pesimistik publik. Kita tidak bisa mengatur dan menyaring berita di media terlalu dalam pada era kebebasan pers dan demokrasi ini. Namun selalu ada harapa dibalik keprihatinan ini, keyakinan dalam bentuk optimisme pada kita sebagai orang ber iman bahwa Allah swt memberikan yang terbaik sebagai pengalaman bagi bangsa ini dalam memperoleh kematangan termasuk di bidang penegakan hukum pada perubahan yang terjadi di era transformasi ini. Salam untuk Bapak Darwin dan keluarga.

113. Aku sangat jarang nonton TV..krn alasan yg sama: TV selalu memberi pesimis, skeptis dll yg intinya memberi sugesti negatif….

114. PAK DARWIN KEPESIMISAN SANG ARTIS BS SJ MLANDA BNYAK MASYRKAT KRN BANYAK PENGAMAT MNGTAKN BHW NEGRI IN SDH GILA PARA PEMIMPIN MAUPUN RKYATNYA KDG2 SY BERPIKIR SEKALI2 STREET JUSTICE MNGKIN DIPERLUKAN KRN PNGAK HKM TDK BERFUNGSI BAHKAN MALAH MEREKE YG MMBUAT MASALAH ILIGAL LOGONG ILEGAL MINING ILEGAL FISHING N ILEGAL OIL SEMUA PELAKUNYA DI BACK UP OLEH APARAT.PAK DARWIN TAU BARU2 BUPATI SOLOK SLTN DTG KE KOM. VII BHW DISANA ADA LBH 1OOO UNIT ALAT BERAT YG MELAKUKAN ILEGAL MINING(PETI) SEHARI MENGHSLKN RP.125 MIL OR RP.3.75 T KMN PARA PENEGAK HKM? NEGERI KECIL TP RIBUAN WTS/PSK DARI CINA N THAILAND DISANA BLM LG PERMAINAN DI TEMPAT LAIN INI PANTAS DIRENUNGKAN SBG PENGUSAHA SY BANYAK PENGALAMAN N TAU CELAH PENYELEWENGAN APARAT N PENGUSAHA

115. Terima kasih banyak Pak, miris rasanya melihat perilaku pengusaha yg mengaku Indonesia ttp sesungguhnya bukan milik bangsa Indonesia. Koran Kompas Jum’at yll memberitakan seorg gadis kecil di Palewali, Mandar, Sulawesi Barat bunuh diri krn tdk bisa melanjutkan sekolahnya ke SMP akibat kemiskinan. Hancur hati ke dua org tua yg kehilangan anak krn tdk mampu memenuhi keinginan buah hatinya. Bagaimana mungkin setelah lebih dr 60 th kita menyatakan kemerdekaan dr penjajahan fisik masih juga kita belm berhasil memerdekakan bangsa ini dr kemiskinan. Mdh2an Allah SWT memberikan kesempatan kpd Bapak u/ kembali menjadi tokoh yg dpt erubah nasib bangsa ini. Salam hormat,

116. Pak Darwin yth, terima kasih infonya. Siapa ya PS? ironis ya Pak. Salam hormat

117. Orang tdk tau diri dan tdk bersyukur . Secara hukum , politik , dan moral wajar di permasalahkan . Berita buruk ini wajib di angkat media .

118. Yth Kiyai, saya tertegun membaca SMS, ttg PS sang Konglomerat, yg menjadi donatur Harvard University, memang sangat kontras dg kondisi pendidikan di NKRI. Dibalik itu terbersit rasa bangga, bangsa ini ada yg menjadi donatur di Harvard. Semoga bangsa ini tetap semangat utk maju dalam bidang pendidikan.:)

119. Siap dimonitor Pak… Terima Kasih infonya.

120. Itulah dunia munafik pak

121. Siapa PS itu pak ??? Tks .

122.PS itu siapa Pak

123.Siapa yg sumbang $20 jt ke Harvard Pak?

124.Bravo, Excellency, I share your sentiments.

125.Terima kasih bpk. Mudah2an semakin banyak putera terbaik negeri ini spt bpk, yg mempunyai jiwa merah putih demi kemajuan bangsa ind tercinta. Amin. Salam hormat

126. Inilah yg membuat rakyat antipati bahkan dendam, yg sering tak terpantau. Lebih2 pd suasana yg makin amburadul. Korupsi dimana2, pelecehan seksual tambah menjadi. UAN pun bisa tertunda, bgaimna kerahasiaan bisa dijamin? Untunglah msh ada anak yg menolak bea siswa Harvard. Tentunya tdk terlepas dr gemblengan org tuanya. Jatuhnya mangga takkan jauh dr pohonnya.

127. Sangat menyentuh nurani saya. Saya dukung usaha utk tdk lanjutkan subsidi. Marilah kita utamakan kepedulian kita pada the poor. Salam dari Makasar.

128. Great infonya dan inspirasi ceritanya…(y)

129. Siaaaap terimakasih Pak atas pencerahannnya.

130. Bagaimana mungkin menerapkan hemat bbm kalau para petinggi negeri ini mobilnya saja diatas 2000cc. Jauh ………negeri ini para pemimpinnya sdh nggak PENER.

131. Siaapp dukung kenaikan BBM demi sejahteranya bangsa, intinya rakyat ingin kejelasan aja dengan kenaikan BBM ini apa yang akan dilakukan pemerintah, apakah kesehatan 100% ditanggung atau pendidikan gratis 100% atau pembangunan infrastruktur yang akan diutamakan…kejelasan ini yang ditunggu, hutang kita sudah Rp 2000 Triliun…makin terus naik, kalau bbm terus disubsidi sudah pasti akan bertambah terus.

132. Yth Kiyai, saya ikut perihatin atas musibah yg terjadi atas anak bangsa terbaik yg telah menolong, mendarma baktikan dg taruhan nyawa sekalipun! Kepada sesama dalam kesempatan Kebangkitan Nasional marilah kita sepakat utk Bangkit! Bangkit dari kesenjangan kemiskinan, kesenjangan infra struktur. Serta Bangkit utk memerangi korupsi. Bangkitlah Indonesiaku! :)

133. Selamat, hebat dan Insya Allah akan kami cari. Tks

134. Insya Allah. Makasih infonya. Salam

135. Sukses Pak Darwin. Salam

136. baik pak, kami tunggu penerbitannya dan segera membacanya

137. Dimonitor Pak Darwin.. Semoga buku nya Sukses serta Pak Darwin dan keluarga senantiasa dlm lindungan Allah SWT.

138. Selamat Pak, smoga mencerahkan dan bermanfaat. Ingin rasanya segera memilikinya. Salam

139. Baik pak, terimakasih informasinya. Kami akan membelinya. Salam

140. Tks infonya Pak, sangat kami hargai karya2 yg tidak ternilai ini, insya Allah saya akan membelinya wass

141. Siaaap dilaks terimakasih insya Allah kita beli bukunya

142. Tks infonya Bapak, insya Allah klo sdh terbit saya akan membelinya, salam …

143. Mantap. Will do

144. Siap. Insya allah akan saya beli pak. Tks n salam buat keluarga. Wass @sz

145. Mantap

146. TeRimakasih Pak Darwin infonya. Insya Allah saya akan berpartisipaSi. Salam hormat.

147. Yth Kiyai, terima kasih infonya :Kapan launching buku Potret Dhuafa Perekonomian Indonesia?:)

148. Insya’allah, Semoga tercatat sbg amal mulia buat Mas Darwin dengan derajat yg luhur. Terimakasih atas sharing dan infonya. Salam hangat selalu. SGH.

149. Informasi yg berharga. Kami akan segera ke gramedia untuk membeli buku tersebut. Selamat ya dan kami kagum atas orientasi penelitiannya yg peduli pada warga kita yg dhuafa. Salam MW.

150. Insyaallah mas darwin…sukses terus ya…

151. Tks infonya bapak. Insya allah kita beli.

152. Syukur sdh ada di Gramedia, jadi mudah kita pasarkan. sukses terus Pak.

153. Terimakasih infonya.. Sebagai perenungan bagi kita semua… ‘SALAM INDONESIA’.

154. Ekselen, relevan. Tapi belum tentu bisa best seller. Karena duafa nggak bisa beli. Duafa hati nurani pasti tdk tertarik. Insya Allah sy akan cari pada kesempatan pertama. Was. Selamat sukses ya Bro. Was.

155. Congratulations Pak Darwin!

156. Ok Win, insya Allah akan gw baca buku “Potret Dhuafa Perekonomian Indonesia”.

157. Insyaallah. Siap pak. Smoga berkah.

158. (y) Salut buat Pak Darwin utk kegiatan menulisnya yang diabdikan Bagi kepentingan kelompok yang butuh pembelaan. Insya Allah saya akan membelinya. Salam hangat.

159. Terima kasih pak darwin, Insya Allah saya akan membeli nya utk saya bagikan ke yang mmbutuhkan, saya sudah melihat dan membaca sepintas buku tsb ketika ada rapat di kntor minggu lalu, sgt menarik. Sekali lagi terima kasih pak darwin yg selalu membangkitkan semangat kami. Salam hormat.

160. Tks atas infonya Pak, selamat atas upaya mulia bapak yg dituangkan dalam buku tsb , salam.

161. Mantap bang… gmn kabarnya.

162. Terima kasih Pak, inshaa allah saya akan membeli dan membacanya, serta mengambil sari-nya utk perjalanan hidup saya, wassalam.

163. Baik Pak, kami akan membelinya. Wass.

164. Siap pak. Selamat dan sukses atas penerbitan buku bpk dkk. Salam.

165. Wa alaikumslm, terima kasih Pak insya Allah akan kami cari buku tsb dan teruskan info ini ke tmn2 lainnya. Selamat berkarya, smg Allah SWT selalu memberikan hidayahNya kpd Bapak dan kel. Amin YRA, wass fz.

166. Saya sering kesitu, makan di basement atau beli CD di lantai dasar atau beli batik. Trm ksh.

167. Terimkasih, smg hasil karya seni pengrajin indonesia selalu mendpt perhatian dari pemerintah dan para tamu manca negara utk mbeli hasil karya pengrajin khususnya yg ada di Pasaraya

168. Tks bapak atas pencerahannya, salam hormat

169. Wow Amazing “Sarinah Pasar Raya dng Aneka Sajiannya.”Thanks Pak Darwin Info Bagusnya.Selamat Berbelanja.Salam Buat Ibu n anak anak Bapak.Hormat Saya Selalu Andi Sarinah RRI.

170. Suwun infony bapak. Kami sering juga berbelanja pernik2 produk kerajinan ind tercinta. Wass

171. Siap, Laksanakan … Bro Darwin, salam uttk keluarga

172. Alhamdulillah. Dlm beberapa kesempatan kami sempat mampir ke sarinah thamrin. Insyaallah pak karya anak bangsa kt berjaya di pasar

173. Terimakasih infonya Insyaallah saya akan bawa tamu tamu saya ke sana

174. Terima kasih Pak, benar adanya dan insya Allah kami akan perhatikan pesan Bapak. Terima kasih telah mengingatkan, salam kami sekel.

175. Terima kasih Bapak atas sms2 yg selalu membuat hati makin cinta tanah air, wassalam.

176. Trmksh reminder nya yg bagus. Mhn maaf telat jwb. Masih di LA, ikuti tim non deal roadshow Pemerintah yg dipimpin Menkeu, mtg dgn investors nya global bond Pemerintah dan kami.

177. Terima kasih, akan saya teruskan.

178. ya memang tempatnya bsgus saya sdh beberapa kali ke situ, suwun

179. Salam Indonesia selamat untuk pak Jokowi. Hati saya juga bersamanya…

180. Terimakasih Pencerahannya Pak Darwin.Wass..

181. Salam hormat Pak Darwin.ZS. Wass,

182. Salam indonesia.. :-)

183. Tq.Sahabat Darwin atas pandangannya

184. Ikut lega salam sjahtra

185. Terima kasih Sahabatku…..GBU

186. Sama Pak Darwin !!. Saya juga mendukung Jokowi !!, walau bukan Jawa dan kader PDIP. Yang jelas profil lain yang selama ini ditampilkan tidak sedikitpun memberikan getaran dihati ini. Semua nyaris sudah kita kenal aromanya. Berita Jumat kemarin terasa sakral membuat kita sekarang lebih tertarik untuk mendengar berita menjelang pesta demokrasi April 2014. Mudah2an ini memang menjadi pilihan kita dan mayoritas anak bangsa. Salam hangat.

187. Setuju bung akan tetapi…………sdhkah JKW membuktikan kepemimpinannya di dki? Tugasnya blm selesai sesuai janjinya ketika kampanye. Seharusnya beliau (termasuk MSP) bersabar dulu. Toh 5 tahun lagi msh ada kesempatan. Biarlah beliau membuktikan kapasitasnya dulu. Inilah penyakit kronis kita…….belum bisa fokus berbakti. Prove first talk later. Merdeka!!!!!

188. Dalam falsafah Jawa Islam, yakni”rak ene wong mulia nanging tiyang ingkang jejeg ucap lan lakune”, hal ini akan menjadi senjata makan tuan bagi mas jokowi, krna beliau sdh berucap fokus bekerja utk masyarakat DKI Jakarta, tp itu dia lngkari sendiri dg maju sbg capres dari PDIP. Maafnya bang Darwin..

189. Itulah indahnya demokrasi kita diberi keleluasan utk memilih. Oleh krn itu semakin bebas kitapun harus lebih kritis. Sampai hari ini kita belum melihat bagaimana pak Joko Widodo akan mengelola Indonesia kedepan. Sedangkan yang baru kita lihat seseorang gubernur yg belum melunasi janjinya kpd rakyat. Bukan mustahil sayapun akan memilih dia namun saya perlu tahu dulu. Terima kasih

190. Saya sepakat dg pndpt yg lain2 tp tdk thd Jkw. Apakaq JKW adalah kehendak Tuhan? Tdk ada yg tahu pasti. Tapi yg jelas JKW kehendak MSP itu siapapun tahu. Kita juga ingat JKW bisa trplh sbg Gub DKI krn hasil kerja begitu bnyk partai. Apakah pd Pilpres jg bgtu? JKW mmg populer di Jateng tapi tdk di jabar dll. Yg pilihan Tuhan adlh yg nantinya trplh sbg Pres 2014 – 2019 oleh Rakyat tapi saya yakin blm tentu dia didukung olh senayan dan itu berarti nasib bangsa ini akan sama dg yg skrg ini juga. Astagfirullah.

191. Aamiin….Setuju

192. Amen pak

193. Salam hangat Pak Darwin.

194. Setuju..politik santun, cerdas dan bukti nyata yang dibutuhkan rakyat saat ini dan seterusnya.

195. Yth Dr. Darwin Zahedy Saleh, buku Mozaik Permasalahan Infrastruktur Indonesia ini tentu akan saya baca dengan penuh minat dan perhatian. Wassalam.

196. Siaaap, menunggu bukunya bang.

197. Have already received your Tour d’horizon on our infrastructure challenges, Excellency. Thanks a lot; keep the fires burning!

198. Ass P’Darwin, buku “Mozaik Permasalahan Infrastruktur Indonesia” pasti akan bermanfaat untuk Pembangunan Nasional, terutama untuk Pemerintahan Baru, Salam.

199. Asslmkm.wr.wb. Selamat sore Pa, terima kasih banyak atas perkenan Bapak menandatangani Buku yg sangat berguna Pa. Smoga Bapak selalu sehat dan terus menulis ya Pa. Salam hormat.

200. Alhamdulillah, khabarnya baik. Terima kasih infonya, memang salah satu faktor, pembangunan infrastruktur kita jadi kendala utk memacu tumbuhnya sektor lainnya. Sesuai anjuran Kiyai, saat senggang waktu, mau cari, Mozaik permasalahan Infrastruktur Indonesia. Saya yakin, buku tsb merupakan acuan yg sangat diperlukan.

201. Insya allah dinda nanti abang cari buku’y digramedia. Trimakasih atas perhatian’y wassalam.

202. Trm ksh P Darwin. Usul sy Buku “Infrastruktur Indonesia” jg dikrm ke Tim Transisi Jkw-JK. Salam (M. Q).

203. Kabar baik terima kasih. Buku “Mozaik Infrastruktur” isinya penting tapi enak dibaca. Congratulation. Salam.

204. Pak Darwin Yth, Terima kasih atas bukunya. Sukses Selalu. Asalamualaikum Wr.Wb.

205. YTH. Bapak DR. Darwin Zahedy Saleh, Selamat pagi Pak Darwin, buku Bapak tentang Permasalahan Infrastruktur Indonesia, sangat bagus dan menarik ulasan bapak, semoga apa yang Bapak sampaikan didalam buku tersebut bermanfaat bagi kita semua, khususnya pada Kementerian ESDM. Doa dan salam kepada Bapak dan Keluarga, semoga selalu sehat dan sukses . Amin YRA, wassalam.

206. Pak DARWIN, Analisis dan masukan yg bagus dalam Buku Mozaiknya Pak. Salam hangat dan all The best ya.

207. Buku Mozaik Infrastruktur sangat bermanfaat bagi bangsa kita. Memang problem infrastruktur adalah problem utama bagi bangsa kita, dan semoga ini akan menjadi masukan bagi APINDO untuk bahan diskusi yang kompeten. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan sukses selalu untuk Pak Darwin.

208. Bapak Darwin Zahedy Saleh yang budiman, saya yakin bahwa buku anda yang berjudul: Mozaik Permasalahan Infrastruktur Indonesia (MPII) akan besar manfaatnya bagi policy makers & economic planners kita. Setelah membacanya, saya teruskan buku Anda itu kepada Sdr. VL, Redaktur Senior di bidang Ekonomi The JP. Teriring salam.

209. Buku Mozaik Infrastruktur sangat penting untuk dipahami selamat atas usaha bapak turut mencerdaskan publik.

210. Pak Darwin Zahedy Saleh, buku Bapak yang berjudul “Mozaik Permasalahan Infrastruktur Indonesia sangat bagus dan informatif. Terimakasih.

Comments are closed.